Minggu, 20 Mei 2012

MASAKAN TRADISIONAL INDONESIA

PECEL LELE, AYAM, BEBEK
Gambar Ikan Lele

Bismillahhirrahmanirrahim.....
        Masakan tradisonal merupakan makanan khas tiap daerah  pasti ada dan merupakan warisan nenek moyang kita dulu dan di kembangkan sama orang-orang tua sampai sekarangpun mash ada dan enak dan murah harganya bisa terjangkau sama masyarakat dari semua golongan. Maskan ini merupakan ciri khas lamongan  yang tersebar hampir di seluruh tanah air pasti ada. ini termasuk makanan siap saji dan cepat dalam prosesnya. adapun bahan yang di perlukan sangan mudah untuk di temui di pasar tradisional maupun di pasar modern.
        
Adapun bahan-bahan yang di perlukan sebagai berikut :

Ikan lele 6 ekor bisa di ganti sama Ayam atau Bebek

Bumbu masak sbb :

2 Batang cabe merah besar
5 Siung bawang merah
2 Siung bawang putih
7 Cabe rawit 
2 Buah tomat merah
Terasi secukupnya
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya 
Wijen
Penyedap rasa secukupnya.
Minyak sayur secukupnya


Untuk lalapannya sbb :

Kemangi
Ketimun
Kol

Cara memasak/pembuatannya sebagai berikut :

      Cuci dulu lele dibersihkan dibuang ususnya + insangnya supaya bersih lalu di potong-potong dagingnya tapi jangan sampai tembus ketulangnya setelah itu masukkan kedalam wajan yang ada air di tambah dengan garam dan jeruk limau diamkan selama 10 menitan sepaya bumbunya meresap kedalam daging lele. setelah itu panaskan dulu minyak goreng secukupnya di dalam wajan dengan api lumayan besar supaya lele tidak lengket di wajan saat menggoreng.

Untuk bumbu sambalnya sebagai berikut :

       Semua bahan di cuci yang bersih dan untuk bawang dikupas dulu supaya bersih kalau semuanya udah beres, semua bahan diantanya cabe merah besar, bawang merah, bawang outih, cabe rawit, tomat, dan terasi digoreng bersamaan selama warna atau bumbu tersebut matang dan di angkat tiriskan setelah itu baru semua bumbu di masukan kedalam ulekan ( cowet ) dan diulek sampai dengan halus tak lupa masukan garam, gula pasir, setelah semuanya tercampur dengan rata  barulah dan siap untuk di hidangkan dan dimakan dengan nasi biasa atau dengan nasi uduk.

      Untuk lalapannya ketimun  dipotong iris jangan terlalu tebal dan posisi potongnya miring, untuk kemangi di ambil daunya atau tangkai yang lebih muda yang di ambilnya, untuk kolnya tergantung selera.

selamat menikmati dan mencobanya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar