Rabu, 16 Mei 2012

PERBEDAAN KATA SUKU DAN SAMPEAN



Bismillahhirrahmannirrahim........

     Di dalam tata Bahasa kata " SUKU DAN SAMPEAN" berberbeda-beda artinya, menurut Bahasa Indonesia kata Suku adalah suatu kelompok atau penduduk yang mendiami sebuah tempat atau pulau yang menjunjung tinggi kepada adat budaya dan leluhurnya. sedangkan menurut Bahasa Sunda kata Suku adalah kaki dalam anggota tubuh manusia maupun dalam hewan.
    Kata Suku itu merupakan tata bahasa yang kasar untuk berdialog / berbicara kepada orang sedangkan untuk binatang itu adalah hal yang sangat wajar. Berbeda pula mengucapkan kata suku kepada yang lebih tua, sederajat dengan kita, dan kepada yang lebih kecil jadi ada tata cara berbicara.
    Kata Suku yang artinya menurut Bahasa Sunda adalah Sampean. Kata sampean ada 2 artinya yang pertama anjeun atau kamu, yang ke Dua suku atau kaki Saya atau Kaki orang lain.

contoh dalam perbincangan sehari-hari dalam bahasa sunda :



Abah : Ujang sampean teh atos timana.......?

Kata sampean berarti Anjeun/Maneh atau Kamu, jadi kata Suku dan Sampean sangat berbeda artinya menurut bahasa Indonesia dan bahasa Sunda itu sendiri.

Firman Allah dalam Srah / Surat Al-Baqarah Ayat : 83 yang artinya sebagai berikut Khusus yang di garis bawahi :

      Dan ( ingatlah ), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israi ( yaitu) : Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.
     
     
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar